Selasa, 08 Maret 2011

PERTEKKOM komputer sebagai media baru

KEDUDUKAN KOMPUTER SEBAGAI PEMBENTUK MEDIA BARU
Pengertian Media Baru
Contoh Media Baru
Media Baru & Prilaku komunikasi Baru

Pengertian Media Baru
l Komputer adlalah sebuah medium komunikasi elektronik. Dengan demikian, ia bukan teknologi komunikasi.
l Medium komunikasi elektronik yang tidak bisa meningkatkan kemampuan manusia berkomunikasi tidak termasuk komputer.
Komputer sangat penting bagi media baru
l Komputer merupakan unsur esensial bagi media baru. Maka media baru tidak mungkin lahir tanpa komputer
l Fungsi Komputer adalah sebagai katalisator.
l Kesadaran akan fungsi komputer sebagai katalisator media menjadikan komputer sebagai wahana yang bisa memberikan informasi. Shg fungsi kerja komputer bertujuan untuk memudahkan manusia berkomunikasi.
Contoh Media Baru
l Ske Nihon Keizai Shimbun (Nikei) diluncurkan di Jepang tahun 1996.
l Kompas Ciber Media (KCM)
l Jawa pos Net News (JPNN)
Karateristik Ske
l Untuk Bisa Mengakses ske harus berlangganan pada provider
l Jumlah informasi yang dimuat di Ske lebih sedikit dibandingkan Skt.
l Ske lebih efisien diabnding Skt, karena tidak membutuhkan waktu banyak untuk mebacanya dan menarik utk diakses
l Isi ske lebih hidup karena dilengkapi dengan gambar bergerak dan suara.
Contoh media baru lain yang dibentuk oleh komputer
l Teleteks; pesawat teletevisi yang dihubungkan dengan komputer, sehingga informasi dalam komputer bisa diterima di televisi.
l Sifatnya komunikasi satu arah, dari komputer ke pesawat televisi.
l Informasi disampaikan dalam bentuk alphanumerik dan grapik berkait dengan Nilai tukar mata uang, raalan cuaca, berita utama dll.
Vidiotek; pesawat televisi yang dihubungkan dengan jaringan komputer, sehingga informasi dapat diterima di layar TV seseorang,.

l Bedanya dengan teleteks orag yang berlangganan vidiotek bisa merespon atau melakukan transaksi berdasar informasi di videoteks tersebut.

l Pengguna vidiotek juga bisa meminta rivew dari informasi yang ditayangkan.
Media Baru &
Prilaku komunikasi Baru
Ketika Nikei mengeluarkan kebijakan dengan membuat dua jenis media dengan isi yang hampir sama (ske & Skt Nikei) maka bisa dibpastikan jika seseorang ingin mengkonsumsi dua jenis media tersebut akan memunculkan 2 perilaku komunikasi yang berbeda.

Prilaku komunikasi khalayak Ske dan Skt
Jika pilih Skt Nikei, maka mereka punya banyak waktu yang cukup dan bisa membaca di sembarang tempat serta tidak perlu alat khusus untuk membacanya

Jika pilih Ske, maka khalayak sesungguhnya tidak banyak punya waktu utk membacanya, harus siap baca di tempat tertentu dan perlu invest alat khusus untuk bisa membacanya

Dalam usaha efisiensi media baru, diperlukan perilaku informasi yang sesuai dengan media baru tersebut.
Selama khalayak belumj memiliki perilaku informasi yang sesuai dengan media baru tersebut, akan terjadi pemborosan.
Karena khalayak tidak mampu memanfaatkan media baru tersebut secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar